Kamis, 03 Februari 2011

- Teknologi Biometric Recognition

Teknologi dewasa ini berkembang sangat pesat, suatu hal yang kita anggap tidak mungkin, menjadi sangat mungkin pada era teknologi ini. Salah satu bidang yang sedang diminati oleh para penggiat IT adalah Artificial Intelegent, atau Kecerdasan Buatan. Bidang yang membutuhkan kecerdasan lebih ini memang menawarkan sejuta tantangan dalam mempelajarinya, dan Aplikasi yang sedang booming adalah Biometric Recognition. Biometrik merupakan suatu metoda untuk mengenali manusia berdasarkan pada satu atau lebih ciri-ciri fisik atau tingkah laku yang unik. Biometric Recognition atau biasa disebut dengan Sistem pengenalan biometric mengacu pada identifikasi secara otomatis terhadap manusia berdasarkan psikological atau karakteristik tingkah laku manusia. Mengapa menggunakan biometrik?? Beberapa keunggulan biometrik yang ada menjadi faktor aplikasi ini sering digunakan, khususnya pada sistem keamanan. Keunggulan biometrik adalah ,
1. Tidak dapat hilang atau lupa
2. Sulit di duplikasi, di-share ataupun dipindah-tangankan
3. Keaslian lebih terjamin karena harus menghadirkan person sebagai alat validasi
Ada beberapa jenis teknologi biometric antara lain pengenalan wajah (face recognition), pengenalan sidik jari, geometri tangan, pengenalan iris mata (iris recognition), suara (voice recognition) dan pengenalan tulisan tangan (handwriting recognition). Dalam kesempatan kali ini kita hanya akan membahas 3 dari jenis teknologi Biometric ini,,
Face recognition
Dalam pengenalan wajah (face recognition), model wajah manusia 3D telah secara luas diaplikasikan seperti animasi wajah, pengkodean atau kompresi video, pengenalan ekspresi wajah, penjajakan kepala, dan pengenalan tindakan manusia. Pemodelan wajah manusia menyediakan solusi untuk mengidentifikasikan dengan berbagai iluminasi, pose dan ekspresi.
Voice recognition
Voice recognition memiliki 2 jenis cabang, yaitu speech recognition dan speaker recognition. Speech recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan. Parameter yang dibandingkan ialah tingkat penekanan suara yang kemudian akan dicocokkan dengan template database yang tersedia. Sedangkan speaker recognition merupakan proses pengenalan suara berdasarkan orang yang berbicara. Speaker recognition memiliki algoritma yang lebih kompleks dibandingkan speech recognition karena implementasi dari speaker recognition lebih rumit.
Iris recognition
Pengenalan Iris mata ialah teknologi untuk mengidentifikasi seseorang dengan cara mengambil citra digital beresolusi tinggi terhadap iris mata. Penilitian para ahli menyimpulkan bahwa pola iris mata tiap individu berbeda, sangat stabil (tidak berubah) untuk jangka waktu yang lama dan terlindungi oleh kornea dan aquerous humor. Walaupun pada kasus anak kembar sekalipun, mereka tetap memiliki iris mata yang berbeda satu-sama lain, bahkan iris pada mata kiri dan kanan.
Begitulah sekilas tentang kecanggihan teknologi pada masa sekarang, mungkin beberapa tahun yang lalu inilah hal yang sempat kita ragukan keberadaaannya, tetapi para ahli membuktikannya dengan muncul silih-bergantinya teknologi yang membuat kita berdecak kagum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar