Kamis, 03 Februari 2011

- Belajar Membuat Website

Langkah 10 :

Teknik Menyingkat Alamat Website

Bila anda mendaftar atau menyimpan website anda di webhost gratis (free webhosting), biasanya anda akan mendapatkan alamat website (URL) yang rada-rada panjang. Misalnya, bila kita mendaftar di Freewebs maka kita akan mendapatkan alamat seperti berikut: http://www.freewebs.com/situsku. Disamping panjang, yang tentunya agak sulit diingat, juga terkesan kurang profesional (walaupun kenyataannya memang belum profesional). Yang jelas, alamat website yang singkat memang memudahkan untuk diingat oleh orang lain disamping lebih mewakili situs itu sendiri, tanpa embel-embel situs tumpangannya. Nah, sekarang bagaimana cara kita menyingkat alamat website bagi kita-kita yang masih "setia" menggunakan webhosting gratis? 
Untunglah di internet, berbagai macam fasilitas bisa didapatkan. Diantaranya situs yang menyediakan fasilitas untuk menyingkat alamat website. Fasilitas semacam ini disebut URL Redirection atau pengarah URL. Sejumlah website menyediakan fasilitas ini. Dinamakan URL Redirection karena dengan menggunakan alamat yang singkat yang kita dapatkan dari website tersebut, ia akan membawa kita (atau tepatnya browser kita) ke alamat website kita yang sebenarnya. Misalnya kita mempunyai alamat website aslinya adalah http://www.freewebs.com/buatsite. Dengan menggunakan URL redirection kita bisa menggunakan nama lain yang lebih singkat misalnya http://buatsite.cjb.net. Bila orang mengetikkan alamat yang singkat itu akan membawa kita ke alamat website kita yang sesungguhnya. Canggih, kan? Tidak juga...
Disamping fungsinya sebagai penyingkat alamat website, ada lagi kegunaan lain dari URL Redirection ini. Misalnya jika suatu waktu anda berpindah web hosting (tempat penyimpanan website) karena satu dan lain hal, anda tidak perlu panik. Kenapa? Karena alamat yang anda pakai dan perkenalkan kepada para netter selama ini adalah alamat dari URL Redirection itu. Sehingga anda cukup mengganti arah yang dituju oleh alamat singkat tersebut ke alamat (URL) website di web hosting anda yang baru. Bisa dipahami? Kalau belum, marilah kita langsung praktek bagaimana cara mendapatkan alamat yang singkat itu.
Di internet cukup banyak situs yang menyediakan layanan URL Redirection ini. Kalau tidak percaya coba ketikkan kata kunci "URL Redirection" dalam sebuah search engine dan lihatlah hasil pencariannya. Salah satu website penyedia URL Redirection yang cukup klasik dan terkenal adalah yang beralamat di http://www.cjb.net. Sesuai dengan namanya website ini menyediakan alamat dengan akhiran cjb.net seperti http://situsku.cjb.net. Situs ini kita ambil sebagai contoh, disamping sudah terkenal, juga memiliki prosedur pendaftaran yang relatif singkat dan mudah. Paling tidak dengan memahami cara registrasi di CJB.NET ini kita sudah memiliki pemahaman tentang apa dan bagaimana cara menyingkat URL dengan URL Redirection.
Buka browser anda dan pergilah ke alamat http://www.cjb.net. Dalam halaman pertama ini terdapat tampilan seperti ini:
http://www.freewebs.com/buatsite/cjb1.gif
Ketikkan nama yang anda pilih untuk menjadi alamat website anda pada kotak yang diantarai dengan tulisan www dan cjb.net. Setelah itu tekan tombol Register it!. Bila nama pilihan anda itu belum pernah terpakai, maka anda akan dibawa ke halaman formulir registrasi. Sedangkan bila nama itu sudah dipakai, anda akan diminta lagi memasukkan nama yang lain. Di formulir registrasi, anda harus mengisi sejumlah kotak isian sebagai berikut:
http://www.freewebs.com/buatsite/cjb2.gif
Di kotak paling atas sudah tercantum nama yang anda pilih. Sedangkan kotak selanjutnya adalah: What is your web site address? (tulis alamat website anda yang sebenarnya) dan What is your e-mail address? (tulis alamat email yang anda punyai). Gulung lagi layar ke bawah maka akan tampak kotak-kotak isian selanjutnya sebagai berikut:
Kotak-kotak berikutnya (Forward Mail, POP3/Web Mail, Cloak URL, dan Forward Subdomains) merupakan fitur-fitur tambahan yang diberikan oleh CJB.NET untuk anda. Anda bisa memilih antara menggunakan fitur tersebut (Yes) atau tidak (No).
Dengan fasilitas Forward Mail, anda bisa membuat sekian banyak nama-nama email yang diakhiri dengan @situs_anda.cjb.net dimana seluruh nama-nama email itu mengarah ke alamat email anda yang sesungguhnya. Misalnya: alamat situs saya adalah: http://buatsite.cjb.net dan alamat email saya adalah adifitrah@maktoob.com. Dengan fitur Forward Mail nantinya saya bisa membuat nama-nama email seperti webmaster@buatsite.cjb.net, info@buatsite.cjb.net, tanya@buatsite.cjb.net, yusuf@buatsite.cjb.net dan seterusnya. Dimana semua nama-nama email tersebut mengarah ke adifitrah@maktoob.com. Artinya semua email yang ditujukan/dikirimkan ke salah satu dari nama-nama itu akan terkirim atau sampai di adifitrah@maktoob.com.
Adapun POP3 atau Web Mail adalah fasilitas account email biasa seperti yang anda buat di situs penyedia layanan email gratis misalnya Yahoo!, Hotmail, Popmail, dan lain-lain. Jadi anda pun bisa memiliki account email di CJB.NET.
Sedangkan Cloak URL adalah fitur yang berguna untuk memanipulasi penulisan alamat website anda pada browser, yakni pada address bar (kotak alamat website) agar tetap menampilkan alamat CJB.NET, bukan alamat web page anda yang sesungguhnya. Demikian pula fitur Forward Subdomains bisa memanipulasi penulisan alamat website anda agar penulisan alamat web page anda sampai ke subdirektori bisa diganti dengan penulisan subdomain di CJB.NET. 
Misalnya: http://www.freewebs.com/buatsite/promosi bisa diwakili dengan http://promosi.buatsite.cjb.net.
Kotak Title diisi dengan nama nama (judul) website anda. Ingat ini bukan alamat URL. Misalnya saya mempunyai website koran Republika memiliki website dengan nama Republika Online dengan alamat http://www.republika.co.id. Situs yang sedang anda baca ini mempunyai alamat (URL) http://buatsite.co.nr atau http://buatsite.cjb.net dan mempunyai nama (title) Panduan Membangun Website. Nama inilah yang biasanya dipopulerkan di direktori atau portal sebagai judul dari sebuah website. 
Kotak Keywords diisi dengan kata-kata kunci yakni kata-kata yang merupakan tema-tema atau materi-materi utama yang dibahas dalam sebuah website, biasanya kata-kata ini paling sering diulang-ulang. Misalnya website ini mempunyai keywords sebagai berikut: panduan, belajar, membangun, membuat, HTML, website, homepage, situs, halaman, web, sendiri, pribadi, pemula. Masukkanlah kata-kata kunci untuk website anda dengan tanda koma antara satu kata dengan kata lain. Ingat, jangan ada kata yang berulang. Misalnya anda mempunyai website berjudul Metode Penulisan Skripsi. Anda bisa memasukkan kata-kata kunci seperti berikut: metode, panduan, pedoman, petunjuk, teknik, penulisan, menulis, penyusunan, menyusun, pembuatan, membuat, karya tulis, karya ilmiah, skripsi, tesis. Penulisan keywords ini penting karena nantinya akan dimanfaatkan oleh search engine (seperti Google) untuk mencari halaman-halaman web yang relevan dengan yang dicari oleh seorang netter.
Sedangkan kotak Description merupakan uraian ringkas tentang apa isi website anda. Misalnya website ini mempunyai deskripsi sebagai berikut: Panduan membangun website untuk pemula; mulai dari belajar HTML, cara mendaftar di webhosting gratis, trik memendekkan alamat URL, cara upload file, dan cara promosi website. Pokoknya mulai dari tidak tahu sama sekali sampai memiliki website pribadi yang ramai dikunjungi! Jadi Description ini semacam kata-kata perkenalan kepada para netter tentang apa isi website anda.
Guestbook dan Forum adalah dua buah fasilitas tambahan yang diberikan oleh CJB.NET. Guestbook atau Buku Tamu adalah halaman web yang disediakan bagi para pengunjung situs anda nantinya agar mereka dapat mengisi nama, alamat email dan komentar mereka. Daftar isian para pengunjung (tamu) ini selanjutnya akan ditampilkan dalam halaman web itu pula. Forum hampir sama fungsinya dengan buku tamu karena di situ para netter leluasa untuk menuliskan apa yang mereka ingin sampaikan dalam forum tertulis tersebut. Anda boleh memilih antara menggunakan fasilitas tersebut (Yes) atau tidak (No). Sampai di sini selesailah tugas pengisian formulir. Gulung lagi halaman formulir isian kita maka akan tampak tulisan sebagai berikut:
Klik tombol panjang bertuliskan I agree.... dan seterusnya. Bila cara pengisian anda benar dan semuanya beres, selesailah sudah proses registrasi dan tampaklah halaman "ucapan selamat".
Sejak itu, anda telah mempunyai alamat URL baru yang lebih singkat. Dan anda juga akan dikirimi email pemberitahuan ke alamat email yang tadi anda masukkan ketika registrasi tentang "peresmian" alamat baru anda ini. Selamat memperkenalkan alamat website anda ke seluruh dunia! Untuk itu ikuti panduan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar